Bawang Merah>Dosis Pemupukan

Pemupukan

        Pemupukan pada bawang merah sangat dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan tanaman dan produksi umbi yang lebih baik. Namun pemupukan tidak perlu diberikan secara berlebihan karena pupuk akan terbuang dengan percuma.

Dosis pupuk:

      Dosis pupuk untuk bawang merah yang dapat dianjurkan pada jenis tanah aluvial, seperti daerah Banyuanyar, Probolinggo maupun Sidokare-Rejoso, Nganjuk seperti berikut :

  • Pupuk dasar menggunakan 10 t/ha pupuk kandang dan SP 36 200 kg/ha yang diberikan 7 hari sebelum tanam.
  • Pemupukan susulan menggunakan pupuk urea 200 kg/ha, ZA 450 kg/ha dan KCl 200 kg/ha yang diberikan dua kali pada saat tanaman berumur 15 hari dan 30 hari setelah tanam
  • Pemupukan juga dapat menggunakan NPK sebanyak 75 kg/ha dan ZA sebanyak 100 kg/ha pada 15 hari sebelum tanam. Pemupukan kedua dengan KCl 100 kg/ha dan urea sebanyak 300 kg/ha
  • Cara pemupukan dengan meletakkan pada larikan di sekitar tanaman, kemudian ditutup dengan tanah.

Pemberian pupuk pelengkap yang banyak beredar di pasar sebenarnya kurang bermanfaat bagi peningkatan pertumbuhan dan produksi bawang merah. Namun pupuk pelengkap tersebut hanya sebagai tambahan nutrisi pelengkap karena pada umumnya mengandung unsur mikro. Untuk tanaman bawang merah, unsur mikro kurang diperlukan karena tanaman bawang merah berumur pendek yaitu sekitar 60-70 hari. Sedangkan unsur mikro proses pelarutannya dan penyerapan oleh tanaman lama sehingga lebih sesuai bagi tanaman sayuran yang berumur panjang seperti cabai atau tomat.